Kelas VII A, B, dan C. Hari Selasa, 28 Juli 2020 - Teks Deskripsi (Bagian 2)
Assalammu'alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh
SEMANGAAAAT..... PAAAGIII....!!!!
Semoga peserta didik MTs Negeri 1 Sleman selalu dalam keadaan sehat wal'afiat dan selalu dalam naungan Ridho dan Berkah-Nya.
Sebelum memulai pembelajaran hari ini, mari kita biasakan untuk membaca Do'a Sebelum Belajar, agar segala ilmu yang nanti kita dapatkan akan diberikan keberkahan dan ridho oleh-Nya.
Baiklah, sebelum memulai pembelajaran, ada yang harus ditekankan dalam pembelajaran kemarin.
Kolom Komentar di Blog ini digunakan untuk menyampaikan PERTANYAAN...
Tetapi, masih ada yang melakukan presensi kehadiran, di kolom komentar...
Haayooo... gak baca semua petunjuk kemarin ya...?
Jadi, untuk selanjutnya, dan kedepannya. Presensi kehadiran dilakukan melalui google form atau kolom-kolom pertanyaan yang sudah disiapkan di halaman blog ini.
jadi, Kolom komentar jangan ada lagi yang absen yaa....
KALAU MASIH ADA YANG ABSEN DI KOLOM KOMENTAR BLOG, BERARTI BAPAK ANGGAP TIDAK MEMBACA DAN DIANGGAP TIDAK MENGHADIRI KELAS.
Jadi, silahkan anak-anak cukup melakukan presensi kehadiran di google form di bawah ini. Satu kali saja...
Monggo....
Kolom Komentar di Blog ini digunakan untuk menyampaikan PERTANYAAN...
Tetapi, masih ada yang melakukan presensi kehadiran, di kolom komentar...
Haayooo... gak baca semua petunjuk kemarin ya...?
Jadi, untuk selanjutnya, dan kedepannya. Presensi kehadiran dilakukan melalui google form atau kolom-kolom pertanyaan yang sudah disiapkan di halaman blog ini.
jadi, Kolom komentar jangan ada lagi yang absen yaa....
KALAU MASIH ADA YANG ABSEN DI KOLOM KOMENTAR BLOG, BERARTI BAPAK ANGGAP TIDAK MEMBACA DAN DIANGGAP TIDAK MENGHADIRI KELAS.
Jadi, silahkan anak-anak cukup melakukan presensi kehadiran di google form di bawah ini. Satu kali saja...
Monggo....
Baiklah, kalau sudah melakukan presensi kehadiran, kita akan melanjutkan materi Teks Deskripsi kemarin.
Silahkan dibaca, Buku Paket Bahasa Indonesia yang telah kalian pinjam dari perpustakaan dari halaman 2-12 (A. Menentukan Ciri Isi dan Tujuan Teks Deskripsi)
akan Bapak rangkum secara singkat melalui tulisan dibawah ini.
Teks deskripsi adalah sebuah paragraf dimana gagasan utamanya disampaikan dengan cara menggambarkan secara jelas objek, tempat, atau peristiwa yang sedang menjadi topik kepada pembaca. Sehingga pembaca seolah-olah merasakan langsung apa yang sedang diungkapkan dalam teks tersebut.
Silahkan dibaca, Buku Paket Bahasa Indonesia yang telah kalian pinjam dari perpustakaan dari halaman 2-12 (A. Menentukan Ciri Isi dan Tujuan Teks Deskripsi)
akan Bapak rangkum secara singkat melalui tulisan dibawah ini.
Teks deskripsi adalah sebuah paragraf dimana gagasan utamanya disampaikan dengan cara menggambarkan secara jelas objek, tempat, atau peristiwa yang sedang menjadi topik kepada pembaca. Sehingga pembaca seolah-olah merasakan langsung apa yang sedang diungkapkan dalam teks tersebut.
tujuan teks deskripsi sangat jelas yaitu agar orang yang membaca teks ini seolah-olah sedang merasakan langsung apa yang sedang di jelaskan dalam teks tersebut.
Ciri-ciri yang dimiliki teks ini sangat jelas sehingga akan sangat mudah membedakan teks ini dengan teks lainnya.
Ciri-ciri yang dimiliki teks ini sangat jelas sehingga akan sangat mudah membedakan teks ini dengan teks lainnya.
- Paragraf deskripsi menggambarkan sesuatu.
- Paragraf yang digambarkan dijelaskan secara sangat jelas dan rinci serta melibatkan kesan indera.
- Ketika pembaca membaca teks deskripsi, maka seolah-olah merasakan langsung apa yang sedang dibahas di dalam teks.
- Teks deskripsi menjelaskan ciri-ciri fisik objek, seperti bentuk, ukuran, warna, atau ciri-ciri psikis/keadaan suatu objek dengan rinci.
Baiklah, untuk selanjutnya, silahkan gambarkan, deskripsikan, ceritakan secara rinci, BAGAIMANA DIRI KALIAN. sehingga di pembelajaran Daring ini, Bapak bisa kenal dan mengetahui kalian itu bagaimana.
Untuk contoh, silahkan kalian buka BUKU PAKET bahasa indo yang telah kalian pinjam di perpustakaan. Buka halaman 4 dan 5. (Contoh penulisan bisa dilihat pada Teks 2 - Ayah, Panutanku, Teks 3 - Ibu, Inspirasiku, dan Teks 4 - Si Bagas, Kelinciku).
Perhatikan Ketiga teks yang ada di buku paket kalian masing-masing tersebut, BAGAIMANA CARA PENULISAN dan MENDESKRIPSIKAN SESUATU-nya.
Teks 1 sedang mendeskripsikan Ayah
Teks 2 sedang mendeskripsikan Ibu
Teks 3 sedang mendeskripsikan Kelinci bernama Bagas
Tugasnya adalah... SILAHKAN DESKRIPSIKAN DIRI KALIAN MASING-MASING
tidak ada batasan seberapa banyak tulisan kalian. Tetapi... SEMAKIN TULISANNYA BANYAK... SEMAKIN BESAR NILAI-nya.
BATAS PENGUMPULAN SATU MINGGU DARI HARI INI, yaitu HARI SELASA, 4 AGUSTUS 2020
Tapi saran Bapak, kerjakanlah sekarang. Jangan dinanti-nanti. karena tugas tidak hanya mata pelajaran bahasa Indonesia saja.
silahkan ajukan pertanyaan apapun mengenai materi Teks Deskripsi di kolom komentar Blog ini ya..
(Jangan Lupa menyertakan Nama dan Kelas sebelum mengajukan pertanyaan)
Kalau sudah dibuat. PENGUMPULANNYA SILAHKAN ISI di Google Form di bawah ini.
Untuk contoh, silahkan kalian buka BUKU PAKET bahasa indo yang telah kalian pinjam di perpustakaan. Buka halaman 4 dan 5. (Contoh penulisan bisa dilihat pada Teks 2 - Ayah, Panutanku, Teks 3 - Ibu, Inspirasiku, dan Teks 4 - Si Bagas, Kelinciku).
Perhatikan Ketiga teks yang ada di buku paket kalian masing-masing tersebut, BAGAIMANA CARA PENULISAN dan MENDESKRIPSIKAN SESUATU-nya.
Teks 1 sedang mendeskripsikan Ayah
Teks 2 sedang mendeskripsikan Ibu
Teks 3 sedang mendeskripsikan Kelinci bernama Bagas
Tugasnya adalah... SILAHKAN DESKRIPSIKAN DIRI KALIAN MASING-MASING
tidak ada batasan seberapa banyak tulisan kalian. Tetapi... SEMAKIN TULISANNYA BANYAK... SEMAKIN BESAR NILAI-nya.
BATAS PENGUMPULAN SATU MINGGU DARI HARI INI, yaitu HARI SELASA, 4 AGUSTUS 2020
Tapi saran Bapak, kerjakanlah sekarang. Jangan dinanti-nanti. karena tugas tidak hanya mata pelajaran bahasa Indonesia saja.
silahkan ajukan pertanyaan apapun mengenai materi Teks Deskripsi di kolom komentar Blog ini ya..
(Jangan Lupa menyertakan Nama dan Kelas sebelum mengajukan pertanyaan)
Kalau sudah dibuat. PENGUMPULANNYA SILAHKAN ISI di Google Form di bawah ini.
Terima Kasih.
Sehat-sehat terus ya... Tetap patuhi Protokol Kesehatan...
Sehat-sehat terus ya... Tetap patuhi Protokol Kesehatan...
Jangan BERHENTI MEMBACA....
(membaca bukan hanya Buku Pelajaran doank ya... Boleh baca buku apapun selama terkandung ilmu di dalamnya...)
Kita tutup pembelajaran kali ini dengan bacaan di bawah ini ya,,,
Kita tutup pembelajaran kali ini dengan bacaan di bawah ini ya,,,
Alhamdulillahi Rabbil 'Alamin...
Wassalammu'alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Wassalammu'alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusErvan Darya Ramadhani kelas7A no Absen 9
BalasHapusNama:Fuadul hakim dafa
BalasHapusKelas: VII B
No.absen:16
Nama:Fuadul hakim dafa
BalasHapusKelas: VII B
No.absen:16
Nama : Jesika Mulya Ningrum
BalasHapusKelas :7B
No. :18
Nama: Meta Nasikhatul Azizah
BalasHapusKelas:7A
No Absen;17
Ahmat ashfy hanafy
BalasHapus7b
01
Nama:Nazala Nur Ramadhani
BalasHapusKelas:7A
No Absen:25
Nama:Anisa Ayu Andira
BalasHapusKelas:7A
No absen:04
Nama: anita damayanti
BalasHapusKelas:7a
Noabsen:05
Nama Faizal isnajib insyani
BalasHapusKelas 7B
No absen 11
Nama: Nurul Khafifah
BalasHapusKelas: 7B
No. absen: 27
Nama:Nabella putri savira
BalasHapusKelas:7A
NoAbsen:22
Nama:Hesti Apriliani
BalasHapusKelas:7A
Noabsen: 13
Anisa nabila
BalasHapuskelas:7c
no 4
Fauzi
BalasHapusKls 7c
No 16
Nama: Arista Keisya Nugraha
BalasHapusKelas : 7A
NoAbsen : 06
Nama: Arista Keisya Nugraha
BalasHapusKelas : 7A
NoAbsen : 06
nama :subqha riqzi fernanda
BalasHapuskelas:7 b
no:31
nama:subqhi rizqi fernando
BalasHapuskelas:7c
no:29
Faishal hafiidz m
BalasHapus7a
10
Uqaila Zahy Prameswari
BalasHapus7c
31
Nama: Ahmat Ashfy Hnfy
BalasHapusKelas: 7B
No : 1
NAMA:REVA SURYA SAFITRI
BalasHapusKELAS:7B
NO ABSEN:28.
Nama: Subqha Rizqi Fernanda
BalasHapusKls:7B
No absen:31
Nama: BAMBANG DWI NUGROHO
BalasHapusKELAS:7c
Absen:09
Nama Faizal isnajib insyani
BalasHapusKelas 7B
No absen 11
Nama: subqhi Rizqi Fernando
BalasHapusKelas:7c
No:29